Sun. May 19th, 2024
asal usul bulan

Kamu tau nggak sih, Bulan itu bukan cuma benda langit yang indah, tapi juga punya asal usul yang bikin kepo banyak orang! Jadi, gimana sih sebenernya Bulan itu terbentuk?

teori asal usul terbentuknya bulan

Beneran deh, Bulan udah nemenin Bumi dari jutaan tahun lalu dan bahkan dianggap sebagai dewa di banyak budaya. Meski banyak mitos yang berkeliaran, ilmuwan pun nggak nyerah buat nyari tau gimana sebenernya Bulan terbentuk.

Teori-teori Asal Usul Bulan

  1. Koakresi: Ini teori pertama yang ngasih gambaran tentang gimana Bulan dan Bumi terbentuk. Katanya, mereka berdua muncul dari piringan material yang bertabrakan, tuh kayak gas, debu, atau partikel lain yang ngumpul di sekitar objek di ruang angkasa. Nah, dari situ, Bumi tarik materialnya sendiri dan jadi makin gede. Bulan? Dia mulai mengorbit Bumi. Tapi ada kritikus yang bilang teori ini masih kurang jelas soal gerakan Bulan mengelilingi Bumi.
  2. Fisi Bumi Menciptakan Bulan: Teori ini muncul dari pikiran Sir George Darwin, seorang astronom dari Inggris. Katanya, Bumi dulunya berputar super cepat dan pecahan dari permukaannya yang terbang jauh ini akhirnya jadi Bulan. Tapi, teori ini terbantahkan karena nggak ada yang bisa nyariin kombinasi yang pas buat nghasilin Bulan kayak sekarang.
  3. Bumi Menjerat Bulan yang Lewat di Orbitnya: Ada teori juga yang ngomongin kalo Bulan dulunya ada di tempat lain di tata surya dan lepas dari pengaruh gravitasi Bumi. Terus, Bulan lewat deket Bumi, jadi Bumi bisa nangkep Bulan buat dijadiin satelitnya. Tapi, ilmuwan masih belum nemuin gimana tepatnya Bumi bisa nangkep Bulan.
  4. Dampak dari Tumbukan di Luar Angkasa: Ini teori ngebahas kalo Bumi nggak cuma kena satu tumbukan buat bikin Bulan, tapi beberapa tumbukan. Setiap tumbukan bikin puing-puing yang akhirnya jadi Bulan kecil, terus bergabung jadi Bulan yang kita kenal sekarang. Jadi, proses pembentukan Bulan ini bisa aja terjadi dalam waktu yang lama banget, lho.

Misteri Terbongkar?

Jadi, asal usul Bulan itu memang masih jadi misteri besar yang bikin penasaran banyak orang. Teori-teori ini cuma sebagian aja dari usaha ilmuwan buat ngungkap rahasia di balik Bulan yang selama ini jadi bagian langit yang paling akrab sama kita.

By Seina