Sun. May 19th, 2024
rizz slang meaning

Kamu pernah denger nggak sama kata ‘rizz’? Kayaknya udah jadi kata yang ngetren banget, terutama di kalangan Gen Z nih.

Apa Itu Rizz? Memahami Slang Terbaru Gen Z

Slang dan Generasi Z

Kalau ngomongin Generasi Z, mereka emang dikenal banget sama kekreatifannya dan beda dari yang lain. Salah satu hal yang bikin khas dari generasi ini adalah banyaknya ‘slang’ atau bahasa khas yang mereka pake, terutama di media sosial.

‘Slang’ itu sendiri adalah bahasa kekinian yang dipake dalam situasi yang santai, jadi istilah yang cocok buat kehidupan sehari-hari.

Mengenal ‘Rizz’

Nah, ‘rizz’ ini adalah istilah baru yang mulai muncul di platform TikTok sekitar Desember tahun lalu. Mungkin lo udah sering denger kata ini di internet atau malah sering pake sendiri.

Kata ‘rizz’ ini sebenernya adalah tentang kemampuan seseorang buat menarik perhatian lawan jenis dalam konteks yang agak ‘romantis’. Beberapa orang mikir kalo ini singkatan dari ‘charisma’, gitu.

Ini biasanya dipake waktu cowok lagi berusaha buat nunjukin pesona atau kelebihannya buat nyenengin cewek yang dia suka. Jadi, istilah ini lebih ke cowok yang lagi berusaha buat ngegoda cewek.

Berbagai Makna ‘Rizz’

Menurut Urban Dictionary, ‘rizz’ juga bisa ngejelasin momen ketika lo punya kemampuan buat bikin permainan jadi menarik dan lo sendiri jadi menarik. Jadi, misalnya waktu lo lagi flirting dengan seseorang dan semuanya berjalan dengan mulus, itu artinya lo punya ‘rizz’.

Tapi, kalo lo jadi gugup dan segalanya jadi berantakan waktu lo coba bikin kesan, itu artinya lo kurang ‘rizz’. Tapi lama kelamaan, arti dari kata ini makin bermacam-macam. Salah satunya adalah soal kemampuan buat bikin orang tertarik tanpa usaha keras.

Asal Usul ‘Rizz’

Ternyata, ‘rizz’ ini pertama kali dipopulerkan sama seorang streamer Twitch dari South Baltimore, namanya Kai Cenat, lebih dari setahun yang lalu sebelum jadi kata umum di internet.

Kai Cenat Rizz

Awalnya, dia cuma pake kata itu sama temen-temennya. Dalam suatu wawancara podcast di Amerika, dia ngasih pengertian ‘rizz’ menurut versinya sendiri, yang menurut dia butuh usaha buat dapetinnya.

Akhir dari ‘Rizz’?

Streamernya sendiri sekarang agak ribet soal kata ‘rizz’ ini. Meskipun dia yang mulai tren ini dan dijuluki sebagai ‘God Rizz’, dia bilang sejak ‘blow up’ di TikTok, artinya jadi beda banget.

Jadi, apa yang dulu dia maksudin nggak lagi sama sekarang. Dia sempet bilang kalo TikTok udah ngebikin arti asli dari ‘rizz’ jadi nggak jelas lagi.

Jadi, gitu deh, apa itu ‘rizz’. Dari kemampuan buat bikin seseorang terpesona sampe jadi slang yang bikin semua orang bingung.

By Seina